Jengkol dan Khasiatnya

 on Sabtu, 25 Mei 2013  

Catatan Ringan.  Jengkol(Archidendron pauciflorum) atau jaring adalah tanaman buah berasal dari Asia Tenggara yang bisa tumbuh sampai setinggi 25 m.  Sangat baik sebagai tanaman penghijauan karena kemampuan menyerap airnya yang baik.  Buah polongnya berbentuk gepeng berbelit membentuk spiral.  Buah jengkol sering dimanfaatkan untuk bahan pangan, banyak disukai di Malaysia, Thailand dan Indonesia, walaupun dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin.

Jengkol biasanya dikembangbiakkan dengan cara paling sederhana, yaitu generatif (tanam biji) dan dapat juga diperbanyak dengan Cara vegetatif (cangkok, okulasi, sambungan, dan pemanfaatan tunas alami).

Buah jengkol dipercaya bisa mencegah penyakit diabetes dan bersifat diuretik serta mencegah penyakit jantung.
Kandungan protein jengkol lebih tinggi dari tempe.  Protein sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh dan membantu kerja otak.  Kekurangan protein akan menyebabkan penurunan daya pikir dan konsentrasi.
Jengkol juga banyak mengandung kalsium, cocok sebagai pengganti minum susu bagi yang alergi pada susu atau menghindari produk hewani.
Jengkol pun banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh defisiensi zat besi.

Jengkol dan Khasiatnya 4.5 5 Share Sabtu, 25 Mei 2013 Catatan Ringan.  Jengkol( Archidendron pauciflorum ) atau jaring adalah tanaman buah berasal dari Asia Tenggara yang bisa tumbuh sampai seti...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.