Cara Mudah Menghapus Korupsi

 on Selasa, 03 Juni 2014  

Catatan Ringan. Adakah cara mudah menghapus korupsi? atau korupsi tak akan pernah hilang?.  Kebetulan saya bekerja sebagai PNS dan sering mendengar pernyataan kawan-kawan yang kurang lebihnya seperti ini: “Saya tidak pernah meminta, tetapi kalau diberi saya terima.”

Sebagai penyelenggara pelayanan masyarakat tentu saja meminta dan menerima itu sama saja efeknya, saya sering mendebat teman tentang hal tersebut.  Benar mereka tidak meminta atas pelayanan yang mereka berikan pada masyarakat (karena tugas mereka sudah diberi upah/gaji), tetapi ada sebagian dari masyarakat yang menerima pelayanan tersebut diakhir pelayanan memberikan sesuatu yang biasanya uang sebagai tanda terima kasih kepada petugas (sebut saja misalnya X) walau si X tidak meminta, tetapi menerima juga pemberian dari (misalnya si Y)  Efek negatif dari perilaku ini adalah apabila orang lain  (misal si Z) ingin berurusan seperti itu dan biasanya bertanya pada si Y bagaimana cara dan apakah bayar, maka si Y akan menceritakan bahwa tidak bayar tetapi ia memberi dengan “sukarela”.  Maka mau tidak mau si Z pun akan menyediakan uang untuk urusan tersebut.  Cerita X-Y-Z ini akan menjalar kian kemari, dan pada akhirnya sudah menjadi rahasia umum bahwa kalau mau berurusan dengan X harus menyiapkan pemberian.
Cerita di atas cuma ada di imajinasi saya saja, tetapi bukan tidak mungkin banyak kejadian yang sama menyangkut pelayanan masyarakat, inilah sebenarnya akar dari budaya korupsi yang lebih besar.  Petugas mencari kesempatan mendapatkan tambahan dengan cara yang tidak baik, masyarakat selalu ingin urusan lancar walau dengan jalan sogok sukarela.  Sebaiknya sebagai petugas yang memiliki gaji tidak tidak pantas menerima pemberian seperti itu, yakinlah rezeki Allah datang dari berbagai sudut beserta nikmatnya (berkah) bagi yang berlaku jujur.  Sebaiknya juga kita sebagai masyarakat yang berususan jangan memberikan sesuatu diluar pembayaran resmi, yakinlah Allah akan melancarkan setiap urusan kita kalau kita niatkan berurusan dengan cara yang baik.  Mungkin cara inilah yang menjadikan mudah menghapus korupsi di negeri kita.  Wallahualam.
Cara Mudah Menghapus Korupsi 4.5 5 Share Selasa, 03 Juni 2014 Catatan Ringan. Adakah cara mudah menghapus korupsi? atau korupsi tak akan pernah hilang?.  Kebetulan saya bekerja sebagai PNS dan sering me...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.