Budidaya Kedondong Bangkok

 on Jumat, 30 Januari 2015  

Catatan Ringan.  Biasanya tanaman buah yang nama belakangnya bangkok buahnya lebih besar dibandingkan yang normal, tetapi kedondong bangkok buahnya lebih kecil dari kedondong biasa.  Kelebihan kedondong bangkok adalah cepat berbuah meskipun ditanam dari biji, buahnya lebat dan rasanya lebih manis, serta mudah dibudidayakan dalam pot.

Bagaimana caranya agar kedondong bangkok rajin berbuah?  Yang harus diperhatikan adalah perawatan intensif yang meliputi:

  • Penyiraman.  Lakukan penyiraman dua kali sehari pada pagi dan sore, lakukan sampai media tanam basah tetapi tidak tergenang (media tanam harus forus), gunakan gembor agar aliran air merata dan tidak merusak tanaman dan media tanamnya.
  • Penyiangan dan penggemburan.  Penyiangan dilakuan bersamaan dengan penggemburan media tanam.  Gulma yang ada di sekeliling tanaman dicabut sampai ke akarnya agar tidak tumbuh kembali.  Penggemburan dilakukan hati hati agar tidak merusak perakaran.  Tanaman dari cangkok harus lebih berhati-hati lagi karena tanaman tidak memiliki akar utama yang kuat.
  • Pemangkasan.  Tanaman kedondong harus sering dipangkas untuk merangsang keluarnya bunga yang sering beriringan dengan keluarnya tunas daun baru.  Dengan pemangkasan tanaman tidak terlalu tinggi dan besar tetapi menghasilkan banyak cabang yang memungkinkan lebih banyak keluar bunga.  Hati-hati dengan luka pemangkasan, jangan sampai jadi tempat bersarangnya cendawan, olesi dengan parafin pada bekas luka potongan.
  • Pemupukan.  Berikan urea pada tanaman di usia 2-4 bulan 100 gram per pohon.  Pada usia 6 bulan berikan pupuk kandang sekitar 15 kg per pohon, ulangi setiap 3-4 bulan sekali.  Menjelang berbuah berilah NPK 8:24:24 atau 1:30:40 atau 8:16:24 sebanyak 100-150 gram per pohon.
  • Penjarangan buah.  Ini perlu dilakukan saat buah masih kecil.  Buah yang terlalu banyak akan menurunkan ukuran dan kualitasnya serta dahan mudah patah.  Pilihlah buah yang kurang bagus untuk dibuang, lakukan dengan hati-hati.  Buah kedondong dapat dipanen setelah 6-8 setelah bunga mekar.
Budidaya Kedondong Bangkok 4.5 5 Share Jumat, 30 Januari 2015 Catatan Ringan.   Biasanya tanaman buah yang nama belakangnya bangkok buahnya lebih besar dibandingkan yang normal, tetapi kedondong bangkok...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.