Katak Bernyanyi Saat Hujan

 on Jumat, 30 Januari 2015  

Catatan Ringan. Katak adalah hewan ampibi yang bisa hidup di dua alam, daratan dan air.  Katak bernapas dengan paru-paru dan kulit pada saat yang bersamaan.  Kenapa saat turun hujan katak sering terdengan bernyanyi?  Saat udara panas, kulit katak mengering dan tidak dapat bernapas dengan kulitnya.  Pada saat hujan, katak pun keluar menyambut hujan untuk membasahi kulitnya agar bisa bernapas dengan normal.  Saat katak bernapas itulah kantong suaranya mengembang dan mengeluarkan bunyi mirip tangisan keras (atau seperti sedang bernyanyi bersama).  Kantong suara ini hanya dimiliki oleh katak jantan.
 
Pada malam hari saat musim panas kita juga sering mendengar nyanyian katak tersebut.  Hal ini karena mengembangkan kantong suara dan membunyikan suara dengan keras merupakan salah satu cara katak jantan memikat katak betina.  Musim kawin telah tiba.
 
Katak Bernyanyi Saat Hujan 4.5 5 Share Jumat, 30 Januari 2015 Catatan Ringan. Katak adalah hewan ampibi yang bisa hidup di dua alam, daratan dan air.  Katak bernapas dengan paru-paru dan kulit pada saat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.