Tumbuhan Insektivora

 on Sabtu, 31 Januari 2015  

Catatan Ringan.  Pada umumnya tumbuhan hijau memerlukan energi matahari, karbon dioksida dan air dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan.  Ada pula tumbuhan yang memerlukan sumber makanannya dari serangga yang disebut tumbuhan insektivora.

Contoh paling umum insektivora adalah kantong semar yang tergolong tanaman hias dan tanaman obat.  Kantung semar terdiri dari 130 spesies asli dari genus Nephentes., dan bisa bertambah akibat persilangan antas spesies.

http://ficusbenyamina.blogspot.com/2015/01/tumbuhan-insektivora.html
 
Tumbuhan pemakan serangga ini ada yang memakan serangga kecil, ada juga yang memakan hewan agak besar seperti cicak dan kadal.  Oleh karena itu kalau kita menanam tumbuhan ini sebagai tanaman hias di rumah maka bisa juga berfungsi sekaligus sebagai pengendali serangga seperti lalat atau serangga pengganggu lainnya.
 
Seperti tumbuhan lainnya, tumbuhan pemakan serangga ini juga memiliki bagian tumbuhan umumnya, memiliki daun tajam dan bunga yang mekar serta tetap melakukan proses fotosintesis, hanya saja makanan yang dihasilkannya lewat fotosintesis belum mencukupi keperluan makanannya, sehingga tumbuhan jenis ini juga memakan serangga untuk mencukupi sumber makanannya.
Tumbuhan Insektivora 4.5 5 Share Sabtu, 31 Januari 2015 Catatan Ringan.   Pada umumnya tumbuhan hijau memerlukan energi matahari, karbon dioksida dan air dalam proses fotosintesis untuk menghasi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.