Cangkang Kerang dan Tinta Gurita

 on Kamis, 19 Februari 2015  

Catatan Ringan. Kerang merupakan hewan bertubuh lunak (moluska), oleh karenanya kerang memiliki cangkang yang keras untuk melindungi tubuhnya yang lunak tersebut.  Kerang mengeluarkan telur-telur yang sangat kecil, dan dari telur tersebut muncul larva yang tumbuh bersamaan dengan terbentuknya cangkang.  Cangkang keras tersebut terbentuk dari air laut yang mengandung zat kapur.  Selain itu zat mineral yang terkumpul ikut menyempurnakan terbentuknya cangkang kerang.
 
Moluska yang lain adalah gurita dan lintah bulan, keduanya tidak memiliki cangkang untuk melindungi tubuhnya.  Hewan ini melindungi diri dari bahaya luar dengan cara yang berbeda.  Lintah bulan bersembunyi di tanah yang lembab untuk menghalau musuhnya.  Gurita melindungi diri dengan cara menyemburkan tinta hitam yang bisa membuat kekacauan kecil saat mendapat ancaman sehingga dia dapat melarikan diri dengan cepat tanpa terlihat musuhnya.  Tinta gurita berfungsi untuk melindungi dirinya agar tidak terlihat oleh musuhnya.  Selain fungsi untuk menghalangi penglihatan musuhnya, tinta gurita juga berfungsi untuk melumpuhkan indra penciuman ikan pemangsanya.  Tinta gurita ini juga berfungsi untuk memudahkan gurita menangkap mangsanya setelah terganggu penglihatan dan penciumannya.
 
gurita adalah moluska tanpa cangkang
Cangkang Kerang dan Tinta Gurita 4.5 5 Share Kamis, 19 Februari 2015 Catatan Ringan . Kerang merupakan hewan bertubuh lunak (moluska), oleh karenanya kerang memiliki cangkang yang keras untuk melindungi tubuhn...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.