Cara Menanam Buah Naga Di Pekarangan

 on Jumat, 01 Mei 2015  

Catatan Ringan.  Pada sebuah kesempatan saya berkunjung ke rumah teman, ternyata dia banyak menanam buah naga di pekarangannya dan buahnya pun sangat banyak, rasanya juga luar biasa enak, manis dan segar.  Saya pun tertarik untuk mengetahui cara budidayanya menurut beliau.
Buah naga ada tiga macam sepesies:
Hylocereus undatus (daging buah putih) cocok pada ketinggian 0 – 300 meter dari pemukaan laut
Hylocereus costaricensis (daging buah super merah / super red) cocok pada ketinggian 0-100 meter dari permukaan laut.
Selenicereus megalanthus (kulit buah kuning, daging putih tanpa sisik) cocok pada ketinggian lebih dari 800 meter dari permukaan laut.
Budidaya buah naga bisa dilakukan di pekarangan (skala kecil) sebagai penghias pekarangan dan penghasil buah bergizi tinggi untuk keluarga.  Buah naga biasanya di perbanyak dengan stek batang.  Batang/cabang yang baik untuk dijadikan bibit adala cabang yang sudah pernah berbuah.  Potonglah cabang sepanjang sekitar 15 – 20 cm, biarkan di angin-anginkan sampai keluar akar, baru titanam dalam polybag sampai perararannya kuat dan teumbuh beberapa tunas.
Lahan yang baika adalah tanam yang forus, tidak tergenang air, walaupun demikian tanaman buah naga adalah tanaman yang banyak memerlukan air.  Untuk tanah yang kering dan kurang subur sebaiknya dibuatkan lunbang tanam 1 x 1 meter sedalam 60 cm, isi dengan humus atau serasah atau eceng gondok, terus disisi lagi dengan pupuk kandang, lapisi lagi dengan eceng gondok,pupuk kandang lagi, baru diisi dengan tanah subur.  Tanam bibit yang sudah siap tanam, satu lubang bisa ditanam 4 bibit.  Tanaman ini bisa berbunga sesudah berumur 7 – 8 bulan, masa produksinya bisa sampai 25 tahun, oleh karenanya diperlukan tiang untuk berdirinya tanaman ini yang kokoh, bisa dari kayu ulin atau beton bertulang besi.
Untuk tanah yang terkadang terendam diperlukan peninggian tanah tempat penanaman, bisa menggunakan beton gorong-gorong atau dibuat dengan batu bata dan semen.
Buah naga sendiri banyak manfaatnya bagi tubuh kita antara lain:
  • Dapat meningkatkan kekebalan tubuih.
  • Dapat mencegah penyakit kanker.
  • Dapat menurunkan tekanan darah.
  • Dapat memperkuat tulang dan gigi.
  • Baik untuk kesehatan usus.
  • Dapat meningkatkan stamina
  • Dapat menjaga kelembaban kulit.
  • Dapat menjaga kesehatan syaraf.
  • Dapat mencegah kerapuhan tulang.
  • Bisa meningkatkan produksi ASI ibu menyusui.
  • Bisa mengobati panas dalam dan sariawan.
Cara Menanam Buah Naga Di Pekarangan 4.5 5 Share Jumat, 01 Mei 2015 Catatan Ringan.  Pada sebuah kesempatan saya berkunjung ke rumah teman, ternyata dia banyak menanam buah naga di pekarangannya dan buahnya p...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.