Sejarah Penemuan Kamera

 on Selasa, 19 Juni 2018  

Catatan Ringan.  Siapa penemu kamera?  Kamera ditemukan oleh beberapa orang dengan sejarah yang panjang, kamera modern sebenarnya merupakan hasil kontribusi dari banyak penemu.  Jaques Louis Daguerre (1787) dari Kota Cormeilles Prancis adalah salah satu penemu kamera paling menonjol.  Pada usia 30 tahun dia merancang diograma, lukisan pemandangan yang diperlihatkan dengan bantuan cahaya.
 
Tahun 1827 di Perancis, Joseph  Nicephone Niepce menemukan kamera obscura, sebuah kotak sebagai ruangan gelap dengan lubang kecil atau lensa cembung.  Melalui lubang kecil inilah cahaya di luar akan masuk dan memproyeksikan objek ke sebuah lempengan timah yang diolesi minyak khusus.
 
Tahun 1829 di Prancis, Daguerre dan Niepce bekerja sama membuat sebuah kamera, dan pada tahun 1837 berhasil ditemukan kamera daguerreotype, foto pertama yang menampilkan citra manusia dibuat pada tahun 1838, foto bersejarah tersebut diberi nama Boulevard du Temple.
Tahun 1888, George Eastman, seorang Amerika Serikat memperkenalkan kamera dan menjualnya dengan harga terjangkau dengan nama Kodak.  Kamera ini sudah mempergunakan sebuah roll film hitam putih yang mampu merekam foto.
 
Tahun 1947, Dr. Edwin Land memperkenalkan kamera Polaroid, kamera langsung jadi tanpa roll film.  Kamera jenis ini dapat memproses foto di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan sehingga kamera jenis ini dapat menghasilkan foto dalam waktu singkat, hanya beberapa menit saja.
 
Pada Desember 1975, seorang teknisi dari perusahaan Kodak bernama Steven Sasson menemukan kamera Digital.  Penemuan ini menjadi awal kemudahan dan kepraktisan teknologi fotografi digital.  Setelah penemuan kamera digital model pertama, kamera digital lain terus dikembangkan dengan perbaikan-perbaikan dari model awalnya, dengan berbagai fitur dan berbagai ukuran serta kemampuan beragam.  Bahkan sejak berintegrasi denga handphone, kamera digital makin lumrah ditemukan pada saku atau tas setiap individu di jaman modern ini.  Ada yang mau selfie?
Sejarah Penemuan Kamera 4.5 5 Share Selasa, 19 Juni 2018 Catatan Ringan.   Siapa penemu kamera?  Kamera ditemukan oleh beberapa orang dengan sejarah yang panjang, kamera modern sebenarnya merupakan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.