Modif Lampu Depan Beat eSP 2018

 on Kamis, 24 Desember 2020  

Lampu depan sepeda motor Honda Beat FI eSP 2018 masih menggunakan lampu bohlam, selain boros energi listrik (banyak berubah menjadi panas, untuk memijarkan kawat wolframnya), juga cepat putus lampunya, apalagi dengan kebijakan light on, dimana siang maupun malam lampu depan selalu on setiap kita kendarai.  Salah satu solusinya adalah dengan menggantinnya (modif) dengan lampu led yang lebih terang, hemat enargi dan tahan lama.

Masalahnya setelah beberapa kali berganti dengan lampu led, lampu depan motor Beat tersebut malah tidak fokus ke satu titik tetapi menyebar sehingga terasa kurang terang di jalan tanpa penerangan umum pada saat malam hari.  Banyak lampu led yang saya cobakan pada lampu depan tersebut, mulai yang agak murah sampai yang mahal memakai pendingin kipas.

Akhirnya saya dapatkan lampu yang cocok dengan reflektor lampu depan Beat eSP tersebut yaitu lampu dengan bentuk segi tiga atau lampu tiga sisi, lampu utama ada dua sisi atas kiri dan atas kanan, sedangkan lampu high beam arah kebawah, sangat cocok dengan reflektor Beat eSP tersebut, sehingga cahayanya bisa fokus pada satu titik.

Semoga bermanfaat bagi pembaca yang menggunakan sepeda motor yang sama dan ingin menggantikan lampu bohlamnya menggunakan lampu lead.

Saya memakai lampu lead 3 sisi merk TRD dengan pendingin kipas, kebetulan Beat eSP 2018 lampu depannya sudah menggunakan arus searah DC (syarat penggunaan lampu lead di sepeda motor), sehingga tidak memerlukan modif jaringan listrikya dari AC menjadi DC seperti motor Honda Beat FI 2013.

Modif Lampu Depan Beat eSP 2018 4.5 5 Share Kamis, 24 Desember 2020 Lampu depan sepeda motor Honda Beat FI eSP 2018 masih menggunakan lampu bohlam, selain boros energi listrik (banyak berubah menjadi panas, ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.