Mengenal Akuaponik

 on Kamis, 25 September 2014  

Catatan Ringan.  Akuaponik adalah penggabungan dari dua macam budidaya yaitu akuakultur dan hidroponik.  Akuakuktur adalah teknik memelihara ikan di dalam kolam.  Sedangkan hidroponik adalah bercocok tanam tanpa tanah.

Ikan dipelihara dalam kolam yang diberi pupuk kandang sebagai starter tumbuhnya fitoplankton (makanan ikan). Limbah kotoran ikan banyak mengandung nitrogen dalam bentuk amonia (yang bersifat racun bagi ikan), air limbah tersebut disalurkan pada tanaman hidroponik.  Ada dua jenis bakteri yang membantu proses ini, yaitu nitrosomonas dan nitrobacter.  Nitrosomonas mengubah amoniak menjadi nitrit.  Bakteri Nitrobacter kemudian merubah Nitrit menjadi Nitrat.  Tanaman kemudian menyerap Nitrat ini untuk pertumbuhannya.  Setelah melewati tanaman hidroponik, air limbah tadi akan menjadi bersih lagi dan disalurkan kembali ke kolam ikan.

Jadi akuaponik ini akan menghasilkan sinergi antara keuntungan akuakultur dan keuntungan hidroponik menjadi keuntungan yang lebih sekaligus mengurangi kerugian di masing-masing sistem budidaya ini.  Kegiatan membersihkan kolam ikan tidak diperlukan lagi dan mengurangi penggunaan pupuk anorganik dalam hidroponik.

Mengenal Akuaponik 4.5 5 Share Kamis, 25 September 2014 Catatan Ringan.   Akuaponik adalah penggabungan dari dua macam budidaya yaitu akuakultur dan hidroponik.  Akuakuktur adalah teknik memelihar...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.