Jantung Berdebar Bukan Hati Berdebar

 on Minggu, 08 Februari 2015  

Catatan Ringan. Jantung akan terus bergetar, berdetak, berdebar selama kita masih hidup tanpa kita perintah, terkadang kita tidak menyadari dan tidak merasakan getarannya.  Kita akan jelas merasakan detak jantung saat kita marah, ketakutan atau dalam keadaan gugup, saat itu otot pada tubuh kita secara otomatis mengalami kontraksi.  Otot yang mengalami kontraksi memerlukan banyak energi.  Untuk menghasilkan energi yang banyak tersebut, jantung harus lebih banyak memasok darah, sehingga jantung akan berdetak kencang.  Setelah rasa marah, takut dan gugup hilang, maka jantung akan kembali berdetak dengan normal.
 
Jantung yang tiba-tiba berhenti berdetak menandakan pasokan oksigen tidak ada dan itu sangat berbahaya.  Bila pasokan oksigen berhenti selama 3-7 menit bisa menyebabkan kematian.  Jika jantung berhenti berdetak, maka pasokan darah ke otak juga menjadi tidak lancar, ini juga salah satu penyebab kematian.  Jika ada orang pingsan dan pernapasannya terhenti, kita harus segera memberika napas buatan sambil memompa dada orang tersebut agar jantungnya juga bereaksi, hal ini akan menolong orang tersebut agar kembali sadar.
 
jantung, bukan hati yang berdebar
Jantung Berdebar Bukan Hati Berdebar 4.5 5 Share Minggu, 08 Februari 2015 Catatan Ringan . Jantung akan terus bergetar, berdetak, berdebar selama kita masih hidup tanpa kita perintah, terkadang kita tidak menyadari...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.