Virus, Mudik dan Pesawat

 on Senin, 27 April 2020  

Virus mudik naik pesawat?, apasih hubungannya dari ketiga kata tersebut?. Pernahkah Anda naik pesawat? jawabannya ada yang sering, pernah atau tidak pernah.  Tahukah Anda apa artinya pesawat, menurut KBBI pesawat adalah alat pekakas atau mesin.

Pesawat sederhana ada 4 macam (menurut ilmu fisika):
Pesawat sederhana pengungkit / tuas.
Pesawat sederhana bidang miring
Pesawat sederhana katrol
Pesawat sederhana roda berporos

Pesawat yang lebih rumit dan tidak sederhana banyak sekali seperti pesawat terbang, pesawat televisi, pesawat telefon, pesawat radio, dan lain-lain.  Semua pesawat tersebut adalah alat untuk mempermudah usaha dan pekerjaan manusia.  Saat ini kalo kita berbicara pesawat hampir semua orang mempersepsinya adalah pesawat terbang, sehingga kebiasaan itu membuat orang menyederhanakan penyebutan pesawat terbang dengan pesawat saja, toh semua orang sudah ngerti kalo dibilang pesawat pastilah maksudnya pesawat terbang.

Bagai mana dengan virus? Sekarang lagi viral virus corona (Covid-19) yang sedang melanda dunia. Menurut KBBI virus adalah mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron, penyebab dan penular penyakit, seperti cacar, influenza, dan rabies.  Dalam perkembangannya di dunia komputer ada yang suka membuat program yang sifatnya bisa merusak software komputer dan penyebarannya mirip seperti penyebaran virus penyakit di atas, maka orang pun menamakannya dengan virus komputer. Dalam perkembangannya virus komputer ini makin banyak jumlah dan jenisnya seiring dengan memasyarakatnya penggunaan komputer, sehingga setiap orang menyebut virus, lebih sering dipersepsikan sebagai virus komputer, bukan virus penyakit, lebih jauh orang menyebut virus komputer disederhanakan dengan virus saja, toh semua orang sudah ngerti kalo dibilang virus pastilah maksudnya virus komputer.

Mudik adalah kata yang sedang viral di Ramadhan 1441 H ini karena lebih dipopulerkan dalam acaranya Najwa Shihab ketika mewawancarai Presiden RI.  Dalam KBBI mudik adalah pulang ke kampung halaman atau ke udik.  Seingat saya sejak 40 tahun yang lalu sering mendengar kalau orang mau balik ke kampungnya disebut dengan mudik, kapan pun itu, tidak terkait dengan waktu dan tujuan pulang kampungnya.  Mungkin sekitar 10 tahun atau 15 tahun ke belakang dimana fenomena mudik lebaran mulai ramai dibicarakan, mungkin karena jumlahnya yang membludak sehingga diperlukan campur tangan khusus dari pemerintah agar tertib, dan mungkin juga karena selalu muncul pemberitaan rutin di pesawat televisi menjelang Iedul Fitri, khusus acara laporan mudik lebaran.  Akibatnya kata mudik sering dikaitkan dengan mudik lebaran, dan untuk lebih praktisnya kata mudik lebaran pun disederhanakan dengan mudik saja, toh semua orang sudah ngerti kalo dibilang mudik pastilah maksudnya mudik lebaran.

So… tidak ada yang salah dengan semua istilah di atas selama yang berkomunikasi sepakat dengan pengertiannya, kalo belum sepakat jangan ngotot dengan pendapat sendiri, mari kita diskusikan dengan baik.  Jadi siap-siap saja, virus mau mudik naik pesawat.

Virus, Mudik dan Pesawat 4.5 5 Share Senin, 27 April 2020 Virus mudik naik pesawat?, apasih hubungannya dari ketiga kata tersebut?. Pernahkah Anda naik pesawat? jawabannya ada yang sering, pernah at...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.