Fungsi Ganda Tabulampot

 on Kamis, 22 Mei 2014  

Catatan Ringan.  Tanaman buah dalam pot (tabulampot) bisa menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan yang sulit mendapatkan lahan luas untuk menyalurkan hobi bertanaman buah.  Dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, beberapa tanaman bisa ditempatkan dlam lokasi yang berdekatan.  Tanaman yang paling banyak dijadikan tabulampot adalah mangga dan jambu air.

Tabulampot berfungsi ganda, selain sebagai tanaman penghasil buah sekaligus sebagai tanaman hias, terkadang buahnya yang bergelantungan sayang untuk dipetik meskipun sudah layak panen hanya karena enak dipandang mata.  Dari segi estetika tabulampot tidak kalah dengan tanaman hias lainnya.  Apalagi jeruk misalnya ditanam dalam pot dan divariasi dengan berbagai spesies jeruk dalam satu pohon, atau jambu air dengan berbagai warna dan ukuran buah yang berbeda, tentu akan sangat tinggi nilai seninya.

Pada dasarnya semua pohon buah-buahan dapat dijadikan tabulampot, tetapi tidak semua bisa dengan mudah berbuah layaknya di tanam di tanah/lahan.
Jenis tanaman buah yang mudah berbuah dalam pot:
anggur
belimbing manis
buah naga
buah tin
ceremai
delima
jambu air
jambu biji
jambu bol
kedondong bangkok
lengkeng
Mangga
melon
nangka mini
nenas
pisang mini
sawo
semangka
srikaya
Jenis tanaman buah yang sulit berbuah dalam pot:
alpukat
apel
belimbing wuluh.
duku
durian
kelapa
leci
mangga
nangka besar
pepaya
pisang
rambutan
salak
sirsak

Fungsi Ganda Tabulampot 4.5 5 Share Kamis, 22 Mei 2014 Catatan Ringan.  Tanaman buah dalam pot (tabulampot) bisa menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan yang sulit mendapatkan lahan luas untuk m...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Catatan Ringan. All Rights Reserved.